The Legend of Mang-Junet.

Junet (nama gaul saja) nama aslinya di rahasiakan untuk menjaga keamanan san maestro kita.

G tau siapa mang-junet? kasihan, karena artinya anda belum pernah merasakan keajaiban jajanan ala mang-junet ini, dan bisa jadi anda kurang memilik pergaulan yang cukup karena sampai melewatkan legenda hidup yang satu ini.

Lebih dari hal diatas, yang terpenting itu ialah apa sih yang menyebabkan mang junet melegenda? Hal ini disebebkan tidak lain dan tidak bukan ialah karena jajanan khas buatannya, yaitu “Model kuah Mie”. Sebelum membahas lebih jauh model kuah mie terlebih dahulu saya informasikan, mang junet berjualan sudah sejak lama, saya tidak tahu sudah berapa lama ia berjualan yang jelas sejak saya SD (1995) mamang ini sudah mangkal di tempatnya berjualan, bahkan ternyata kakak saya pun (18 tahun diatas saya)  mengenal dengan baik kelezatan model mang junet ini. Mang junet berjualan di kecamatan 26 ilir Palembang SumSel. Letaknya tepat berada di depan sebuah SD (dahulu bernama SD 1,23,53 dan SD 303) bukit kecil. Sampai saat ini pun mang junet masih berjualan di tempat yang sama. Degan bermodalkan sebuah gerobak yang sudah cukup tua mang junet terus berkarya membuat makan2 lezat, sang maestro Model Gandum ini sudah cukup melegenda, bahkan namanya sudah melanglang buana ke negara lain. Mang junet berjualan di depan SD tepat di sudut kanan dari pagar depan SD tersebut, gerobaknya berada diatas parit yang ditutupi beberapa potong kayu, sekilas tidak menarik (jauh dari bentuk kondisi cafe2 saat ini) namun hal ini semua tidak mengurangi keajaiban kelezatan Model Kuah Mie buatannya.

Junet Location.

Baik, kita bahas ke produk dari mang junet, Produk utama dari Junet cuma duaditambah satu buah produk hybird(gabungan) yaitu, Mie celor,model gandum, dan sang hybird legendaris ialah, Model namun berkuah Mie celor (di singkat Model Kuah Mie). Mie celornya biasa seperti layaknya mie2 celor biasa, namun kuahnya inilah yang membuat mie ini menjadi luar biasa, begupun model gandumnya, kuah model ini biasa sama seperti kuah2 model lainnya, namun model gandumnya lah yang tidak biasa, Model ini terbuat dari gandum, sekilas seperti roti ukurannya tidak melebihi kepalan tangan orang dewasa, dan berbentuk biasa. Entah bumbu apa yang diberi oleh sang maestro sehingga model gandum ini sangat gurih dan juga seolah pas sekali dengat perut2 orang asia sehingga sangat lezat, saya yakin ia mengadonnya menggunakan celana (tentu saja :D). Tidak di ketahui siapa yang memulai Model Kuah mie ini, namun produk Hybird ini sangat spektakuler (jika saya bisa mengusulkan termasuk top 10 jajanan fenomenal yanga ada di dunia). Model kuah mie ini terdiri dari, Model gandum tadi namun kuahnya menggunakan kuah mie celornya dengan tambahan bumbu racikan yang merupakan resep rahasia dari mang Junet Model Kuah Mie menjadi primadona yang ada di seputaran 26 ilir palembang.

Model kuah Mie – Junet.

Terlihat biasa gambar diatas kan? cobalah mencicipinya, saya yakin anda pasti berkata “wawww deliciosooo”!! tentu saya tidak berlebihan jika saya begitu menyanjung2 model kuah mie legendaris ini,  karena saya yakin para pecinta mang junet pun pastilah mengatakan hal yang sama. Hal ini terbukti dari wawancara saya kepada pengunjung baru(kasian dia karena baru pertama kali menyicipi mang junet) bernama Panjang/red. Saya melakuakan wawancara singkat kepada bpk Panjang dari mana ia mengetahui/ mendapat info tentang Junet ini, pak Panjang mengatakan ia tahu dari temannya Romz/red dan betz/red. Tidak menunggu waktu lama kurang dari 2 menit akhirnya pesanan Model kuah mie milik pak panjang pun selsai inilah gambarnya.

first bite.

Saya sangat tidak sabar saat itu untuk melihat reaksi pak Panjang saat gigitan pertama. Slurp (dia menghirup kuahnya)… 2 detik begitu terasa lama.. dan tiba2 pak panjang berkata “wah enak ya”. TENTU SAJA!!! teriak saya (namun dalam hati) begitupun suapan2 berikutnya pak panjang semakin tergila2 akan kelezatan sang legendaris Model Kuah mie mang junet… Bukti dan saksi hidup sudah ada, jadi, apa yang membuat anda masih ragu untuk melangkahkan kaki menemui sang maestro? silahkan coba, dan buktikan sendiri, silahkan menjadi salah satu saksi hidup kelezeatan sang melelegenda, Model kuah Mie Mang Junet. Soal harga? jangan khawatir, karena satu porsi cuma Rp.2000,- !!!! you glad, with no regret. trust me!!!

junet.

Ditunggu kedatangannya ya, buat yang udah lama gak ke sini, hayu mampir… kata mang junet sambil nyengir🙂.

  1. #1 by dmouza on April 17, 2010 - 1:02 pm

    ngiler….. mupeng…. pingin euy… kangen berat sm model kuah mie,
    eh, jd inget memory SD ada tmn disuruh bu guru beli mie celor mang junet….
    Teman: ”Mang…. beli mie”
    Junet: ”Mie apo dek?”
    Teman: ” Mie junet…”
    Junet: (garuk2 kepala….)
    kalo inget… jd sering ketawa sendiri….. duh… mie junet….

    • #2 by betzaholic on April 17, 2010 - 1:30 pm

      hahahah, balek ke palembang kak mngkny😀

  2. #3 by centils on April 18, 2010 - 8:23 am

    waaa jd inget dulu jaman msh ingusan sering bgt di suruh bu guru pesen mie juned, trus minta dianterin ke ruang guru, sembari menanti mang juned meracik, aroma kuah panas bikin aku menelan ludah, ngiler, namun apa daya uang jajan tak cukup. Btw guru2 tsb tega buanget yak nyuruh aja tp ngga ngasih kita icip-icip, hehe
    anyway… model kuah mie nya emang sedap…😀

  3. #5 by Komaruddin a.k.a virus13 on April 20, 2010 - 7:27 am

    Kapan2 ajak kK ke sano betz…
    Pengen Jugo nyicipinnyo tuh…

  4. #7 by Fajri Gt on February 21, 2015 - 3:43 am

    tp sekarang yang jualan anaknya. tapi rasanya tidak berubah sedikitpun

    • #8 by betzaholic on May 28, 2015 - 12:32 pm

      iya mang junet udah slow motion hehehe

  5. #9 by dina on May 16, 2015 - 11:24 am

    cariin resp kuah mie nya pliiiisssss

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: