Penipu.. oh penipu…

Dari judul saja sudah menyebut penipu, jadi anda akan segera tahu bahwa thread yang saya buat ini adalah salah satu bentuk penipuan yang marak di Indonesia negeri kita tercinta. Sebenarnya para penipu ulung ini merupakan anak-anak yang kreatif, namun salah memilih jalan…

Lets begin…

Pagi itu 30 Juni 2010.

Seorang anak muda sedang terlelap, nampak sekali ia sedang menikmati waktu tidurnya, anak ini bernama betz(nama di samarkan). Saat itu sekitar pukul 10 pagi WIB, tiba-tiba betz tersentak terbangun karena suara ketukan terburu-buru yang datang dari pintu kamarnya, seraya ada teriakan memanggil-manggil namanya, akhirnya dengan berat hati dan sempyongan betz pun beranjak dari tempat tidur dan membuka pintu…

betz  : ada apa pagi2 gini berisik bener?

kid : om, nenek dapet hadiah !!! (seraya matanya berkaca-kaca bahagia)

betz : hadiah apa? (masih ngantuk).

Si kid(keponakan betz) pun menceritakan seluk beluk perkara yang di temui neneknya pagi itu, ia menceritakan sesaat setelah nenek pulang dari warung langganan untuk membeli sayur, nenek mendapati sebuah kertas misterius berbungkus plastik ala kadarnya(awal kecurigaan)

Reka adegan bungkusan misterius.

Bungkusan misterius ini tergeletak di depan pintu rumahnya, kemudian dengan hati yang penasaran dan rasa ingin tahu, nenek memberikan bungkusan platik berisi kertas misterius tersebut kepada kid untuk di buka, akhirnya setelah berjuang cukup keras kid berhasil membuka bungkusan plastik misterius tersebut, ternyata di dalamnya berisi 2 buah lembar surat yang berisi..

SELAMAT ANDA MENDAPATKAN 1 BUAH HONDA JAZZ

Terang saja kedua nenek dan cucu ini sangat gembira mendapati hal seperti ini, terlebih lagi terdapat 1 lembar pengesahan dari Polda Metro Jaya yang begitu meyakinkan.

Ternyata hal inilah yang membangunkan betz dari tidurnya yang sangat indah pagi itu, kedua lembar kertas presticious itu pun di berikan ke betz untuk di baca-baca dan di periksa. Dalam surat yang tertera bahwa ini merupakan sebuah pemberitahuan resmu dari PT.TOTAL CHEMINDO L bahwasanya kami selaku penerima surat berhak mendapatkan hadiah yang tertera di surat tersebut. Nenek dan kid sudah sangat merasa senang mendengar kabar berita tersebut, terlebih lagi biaya pengambilan hadiah hanya sedikit. Isi surat sangat meyakinkan, cap ini cap itu, sponsor TV ini dan  itu, pokonya sangat meyakinkan sekali.

lembar penipuan 1.

surat keterangan palsu.

Terang saja, satu kata yang pertama kali di fikirkan oleh betz ialah “penipu keparat”. Satu hal yang membuat kesal betz ialah mengapa surat ini mesti ada di hari libur yang kemudian memaksa betz bangun di hari yang sangat pagi, ke dua penipu ini sudah memberi harapan kosong kepada kedua orang yang betz sayangi.

Orang mana yang tidak tergiur dengan hadiah seperti ini, namun kecurigaan sangat jelas

  • Bagaimana mungkin surat berharga ini hanya di bungkus plastik ala kadarnya?
  • Mengapa surat berharga seperti ini di taruh depan pintu? (konyol sekali)
  • Tidak ada 1 iklan pun di televisi tentang keberadaan undian ini.

Setelah di desak desak terus oleh kid dan ibunya, akhirnya betz memutuskan untuk mencari tahu kebenaran surat ini melalui internet, setelah browsng sana sini, buka ini buka itu akhirnya betz mendapati surat ini ialah palsu, dan penipu, PT yang tersebut diatas tidak pernah membuat undian seperti tertera diatas. Kecewa sudah si nenek dan cucunya mendengar kabar berita dari sang Oom yang menjelaskan bahwa surat ini palsu, namun tidak perlu waktu lama rasa kecewa mereka hilang lanjut lagi aktifitas sehari-hari( kertas ini tak berarti apa2 lagi). betz, kemudan melanjutkan lagi tidurnya sambil bergumam “ganggu tidur aja nih surat”.

Begitulah, penipuan dengan modus ini sedang marak di negara kita tercinta ini (based from browsing), kita selaku masyarakat yang notabene merupakan sasaran dari para penipu mesti cermat dan ber fikir sehat, tidak perlu tergesa-gesa dalam mengambil keputusan (terlebih lagi masalah keuangan). So buat para pembaca, hati-hati ya jangan mau ketipu oleh hal seperti ini, dan jika anda melihat pelaku yang menaruh hadiah ini, segera laporkan pada pihak yang berwajib, karena ini sangat merugikan (seperti betz yg rugi waktu tidurnya). ^_^

Sedikit info, meskipun sudah banyak penipuan yang mengatas namakan PT ini itu, namun sayangnya PT yang di maksud tidak pernah memberikan pengumuman kepada masyarakat bahwa prusahaanya tidak pernah mengadakan undian, sehingga membuat kejahatan ini susah untuk di klarifikasi. Namun, tidak perlu menyalahkan san sini, cukup dengan kesadaran diri sendiri saja, semoga kita semua tidak mengalami segala bentuk penipuan yang ada di zaman yang edan ini, amin.

Salam waspada. Betz.

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: