Musik daerah Rejung Pesirah

Ada yang pernah denger  nama Rejung pesirah? Aku juga sebenernya baru tau ama rejung pesirah waktu aku jalan2 sama keluarga ke daerah Benteng Kuto Besak,  di Palembang. Waktu itu aku nggak sengaja denger suara musik merdu dari kejauhan  pas mau cari toilet (g sengaja sih), pas aku samperin ternyata ada sekelompok pemain musik yang lagi latihan di sebuah panggung kecil yang bernama gropu musik Rejung Pesirah.

Lokasi latihannya berada tepat di belakang monumen Kukusan (tepat di samping jembatan Ampera), Rejung Pesirah merupakan sebuah group musik yang terdri dari gitar, bass, biola, dan gendang (setidaknya itu yang aku lihat waktu merka latihan lupa tanya vokalisnya).  Menurut salah satu sumber yang aku tanya2, Rejung Pesirah biasa mengisi acara2 tradisional bisa berupa Pernikahan, ataupun pentas seni yang diadakan di sekitar Benteng Kuto Besak tersebut. Rejung itu sendiri berasal dari bahasa palembang yang berarti nyanyian atau musik, sebenarnya musik rejung merupakan salah satu jenis musik melayu yang menggunakan bahasa daerah, setiap daerah di palembang memiliki diva Rejung yang berbeda-beda serta menggunakan bahasa yang berbeda sesuai dengan bahasa daerahnya masing2 (meskipun terkadang mirip2 bahasanya).

Rejung  Pesirah Personil.

Walaupun Rejung Pesirah menggunakan “rejung” sebagai awalan nama, namun lagu yang di bawakan oleh kelompok musik ini tidaklah semata hanya lagu2 daerah mereka juga dapat membawakan lagu-lagu pop dll yang tentunya di beri sentuhan melayu di dalam aransemennya, dominasi biola sangat terasa pada rejung pesirah waktu aku mendengarnya membuat suasana hati tenang, meskipun mereka bermain sambil tertawa dan bersenda gurau, namun terasa skill yang di miliki oleh group musik ini cukup memumpuni.

Baru tau ya ternyata di palembang ada juga group musik yang kayak gini, Jadi kalo temen-temen pengen denger musik accoustic bernuansa melayu bisa panggil group seni Rejung pesirah ini, silahkan temui mereka di sekitaran Benteng Kuto besak.

Musik bagaikan Oase yang indah di tengah kehidupan yang gersang bagai hamparan gurun yang luas.🙂

betz.

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: