Virtual Disc with Daemon Tools & Nero

Sebagai salah seorang penggemar PS One saya sering memainkan lagi game-game lama yang membangkitkan kenangan lama, Mungkin sudah lama kita mendengar PC/Laptop di buat menjadi console PlayStation baik 1 atau 2, namun saya ingin sekedar memberikan info (sekalian agar saya sendiri tidak lupa nanti) , pasti akan sangat menyiksa CD room kita rasanya apabila kita menggunakannya sebagai CD reader selama kita bermain game ber jam-jam, bukan hanya menyiksa dapat dipastikan CD room kita pun tak akan berumur panjang karena tenaganya di porsir terus menerus.

Daemoon Tools ialah sebuah program yang memiliki kemampuan untuk membuat Virtual CD room didalam PC kita, sehingga memungkinkan untuk para gamers mengakses CD game seolah pada sebuah CD room namun kenyataanya CD tersebut sudah berada di dalam hardisk kita (Daemon juga bisa untuk partisi hardisk di lain cerita). Lalu bagaimana kita mengcopy CD nya? Pengcopian CD cukup menggunakan Nero, di Nero ini sudah ada feature untuk mencopy CD secara langsung, dengan demikian kita bisa menggunakan Copyan CD tersebut untuk kemudian di akses oleh Daemon

    Langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Instal Daemon Tools (info : Daemon Tools Lite bisa anda beli ataupun download dari site2 “favorit” anda)
  2. Setelah Instalasi Daemon maka secara otomatis  icon Daemon akan muncul di System Tray PC anda (sudut kanan bawah),
  3. Duble klik pada icon Daemon di system tray, akan muncul jendela, klik kanan di bagian kolom ini dan add SCSI Virtual drive, setelah drive ditambahkan artinya persiapan Daemon selesai.
  4. Instal Nero (info : ini juga bisa beli atau download tergantung anda yang mencari :)) )
  5. Setelah instalasi nero pilih Copy CD, tentukan : CD source, dan CD destination (bisasanya image recorder), burn.
  6. Selanjutnya tentukan lokasi penyimpanan , pengcopyan CD pun berjalan.
    • Sedikit trik untuk mengcopy CD game yang ada Copyrightnya, apabila kita sudah mengcopynya maka pada saat kita selesai maka copian tersebut langsung terhapus dengan sendirinya, untuk mengatasi masalah seperti ini cukup lakukan langkah sederhana :
    • Lakukan Copy CD seperti biasa, tunggu sampai 100%
    • Setelah 100%, biarkan jangan di apa-apakan dulu neronya, bukalah folder dimana CD yang kita copy ini berada, secara default biasanya CD ini bernama “Image.nrg”
    • Rename “Image.nrg” ini dengan nama lain (note : tetap extensi file .nrg)
    • Kemudian buat file baru misalnya .bmp files di tempat yang sama dengan cara : klik file, new, bitmap image, maka akan muncul “New Bitmap Image.bmp”
    • Rename lah “New Bitmap Image.bmp” ini dengan nama awal “Image.nrg” apabila ada warning yes kan saja.
    • Sudah, buka kembali Nero lanjutkan proses copy sampai selesai, dan Tadaaaaaa yang di deletenya kini file palsu yang kita buat tadi, namun Cdnya sudah berhasil kita copy deh🙂.
  7. Kembali ke Daemon, klik kiri icon Daemon di system tray, mount device, pilih CD yang kita copy menggunakan Nero tadi, OK. Beres deh, sekrang anda bisa bermain dengan nyaman tanpa perlu khawatir CD room jatuh sakit. Hehe.

Selamat mencoba. Betz.

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: