Setting DNS for blocked site

Halo fren? lagi bingung? jangan yah! soalnya akhir2 ini banyak yang bingung sehubungan dengan maraknya pemblokiran situs-situs tertentu oleh para pihak provider internet misalnya Im2, speedy dll, sebenarnya ada banyak sisi yang positif dari diberlakukannya aturan baru ini, misalnya menghindarkan anak kecil dari situs dewasa, mengurangi bandwidth sia2 (just for watch porn) dll. Namun sayangnya, saya fikir ada sedikit kekeliruan dalam key word yang digunakan oleh salah satu provider (netsafe) indosat, sebab banyak dari teman-teman dan para sahabat saya mengeluh bahwa situs favorit mereka yang bukan situs XXX juga terkena imbas dalam pemblokiran misalnya Devian Art, dll, ya memang DA merupakan site ber genre “adult” namun bukan berarti porno grafi lho?!

Sehubungan dengan keluhan2 itu gw pun mulai cari cara bagaimana sih cara melewati net security ini? setelah berpuasa 40 hari 40 malam akhirnya betz mendapatkan wangsit. haha (lebai).

solusi pertama : Untuk Manual internet setting : note , lakukan dalam keadaan disconected (Win  XP )

start > control panel (classic view aja gampang)>  Network conection > pilih koneksi yang anda pakai dari salah satu koneksi yang ada klik kanan, properties > muncul jendela kecil seperti gambar > klik tab “networking” > pilih “Internet protocol > klik properties.

Selanjutnya akan muncul jendela baru : tinggal isikan DNS google yaitu : 8.8.8.8 dan DNS alternativenya : 8.8.4.4. Sedikit penjelasan tentang Google DNS, ini merupakan DNS yang dikeluarkan oleh Google untuk web surfing lebih lancar. setelah itu ok, tinggal konkek aja. ingat : Manual setting ini bisa digunakan untuk LAN, maupun Wireless network configuration.

properties tab.

Solusi buat yang pake software bawaan modem : contoh : IM2 modem ZTE dengan software Join AIR

Kenapa ini betz bikin? karena, kalo kita menggunakan software tambahan ini mau berapa kalipun kita merubah DNS secara manual, maka hasilnya akan sama, setting DNSnya akan balik lagi ke setting awal. So in case yang pada contoh

Buka Join Air > Keadaan disconected >Setting (gambar gear) > connection > pilih koneksi yang kamu pakai(im2) > edit > pilih tab advance > pilih use DNS > masukan google DNS yaitu : 8.8.8.8 dan DNS alternativenya : 8.8.4.4.> ok > save > aplly.

connection DNS

Nah, tinggal pilih aja deh kalian pake metode yang mana sesuai kebutuhan, untuk modem2 jenis lain juga bisa pake cara yang kuranglebih sama kayaka Join Air kok, cari aja settingnya. Kalo mau sekedar check apakah DNS udah terpasang dengan benar bisa dilakukan saat koneksi lagi “connect” silahkan:  run > cmd > ipconfig/all . Ntar bakal muncul di sana DNS : 8 . 8. 8. 8 dan dibawahnya 8. 8. 4.4 dan jika itu muncul, artinya setting sukses, selamat tinggal netSafe :p.

selamat mencoba , betzaholic.

IMPORTANT : Jangan gunakan ilmu yang kita punya untuk melakukan hal2 negatif, ok? janji? up to you sih.🙂

  1. #1 by bayu on September 11, 2011 - 4:34 am

    Itu kalau via pc bagaimana kalau via ponsel atau tablet pc kebetulan saya pengguna zte light tab dgn kartu three,mohon ilmunya

  2. #2 by betzaholic on September 25, 2011 - 9:51 am

    @bayu
    kalo menggunakan ponsel (sejauh yang saya pernah pake ericson + nokia), jelas di dalam configuration set nya bisa kita utak atik bagian DNS, tapi kalo menggunakan tablet PC saya belum pernah masbro, biasanya, kalo ada menu untuk menyetel/setting buat konfigurasi internet di sebuah alat baik ponsel atau yang lain, maka configurasi DNS ini akan ikut serta, bisa aja dengan bentuk/nama yang lain, yang jelas untuk konfigurasi DNS itu memiliki format : Alternate dan prefered (sepasang) dan berciri 4 angka ( x . x . x . x ), semangat berjuang ya😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: