Curhatan rakyat biasa

Q : Pemerintah itu siapa sih?

A : Pemerintah merupakan orang-orang yang dipercaya untuk mengatur jalannya suatu negara supaya terciptanya kehidupan yang lebih baik.

Q : Jadi, pemerintah itu tidak lain dan tidak bukan adalah rakyat itu sendiri? karena mereka berasal dari rakyat?

A : ya, kira-kira begitulah.

Q : Jadi apa tugas pemerintah sesungguhnya?

A : ya mengatur sebuah negara atau rakyat itu sendiri, misalnya urusan peraturan sosial, supaya tertib dibuat aturannya, supaya bisnis atau usaha rakyat maju dibantu menyediakan tempat penjualan barang/jasa dari rakyat untuk kemudian dikumpulkan dan dijual secara massal untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak bagi rakyat itu sendiri.

Q : jadi intinya pemerintah itu dibuat rakyat untuk membantu memudahkan kehidupan rakyat?

A : betul. sesuai slogan “Dari dan untuk rakyat”.

Q : Nah, berarti pemerintah itu bekerja sesuai dengan apa yang dibutuhkan rakyat dong? kalo rakyat merasa tidak membutuhkan bantuan akan suatu hal, maka pemerintah tidak wajib membuat hal yang tidak dibutuhkan tersebut kan?

A : ya, tentu saja.

Q : Mengapa ada pemerintah yang memaksa menaikkan harga suatu barang sementara rakyat merasa tidak menginginkan kenaikan harga barang tersebut ?

A : Mungkin pemerintahan tersebut merasa itu yang terbaik bagi rakyat?..

Q : tapi rakyatnya jelas2 menolak lho? katanya pemerintah berfungsi membantu rakyat? dan bekerja sesuai kebutuhan rakyat? lah kok rakyatnya merasa nggak butuh naik harga, pemerintahnya malah maksa?

A : Bisa jadi, kalau harga barang tersebut tidak dinaikkan, pemasukan/hasil untuk negara tidak maksimal lagi.

Q : ya itu mungkin, tapi selagi rakyat merasa enggak rugi, kenapa mesti ngotot naik?

A : mungkin, barang tersebut sangat penting, hasil jual barang tersebut berfungsi untuk membantu sektor usaha peningkatan ekonomi rakyat di bidang lain,  kalau barang tersebut enggak naik pemerintah jadi enggak bisa membantu rakyat yang lain yang mungkinnnnn membutuhkan.

Q : masalahnya ini barang merupakan kebutuhan pokok, bahan dasar untuk rakyat bekerja/usaha agar dapat melangsungkan kehidupan, kalaupun misalnya rakyat masih mendapatkan bantuan dengan menaikkan harga barang tersebut akan tetapi kebutuhan dasar rakyat malah naik harganya, bukankah itu malah sama saja? bahkan merugikan bagi rakyat? kenapa pemerintah masih maksa?

A : rugi bagaimana?

Q : jelas rugi, misalnya modal kebutuhan dasar untuk usaha adalah 1000 dan pemerintah memberi bantuan 500 jadi rakyat tinggal membayar seharga 500, nah sekarang pemerintah bilang kalau mau tetap saya bantu membayar 500 harga kebutuhan dasar harus naik seharga 1500, jika kita hitung, jadi biaya yang dikeluarkan rakyat untuk membayar kebutuhan dasar menjadi 1000??? apa ini namanya untung? atau rugi?

A : itu rugi namanya…

Q : nah, kan tau merugikan rakyat? kira2  kenapa ada pemerintah yang tetap memaksa hal ini dapat terjadi? apakah tidak ada hal lain yang bisa ditempuh kalaupun memang harga barang tersebut didunia ini memang sedang naik?

A : mungkin saja ada hal lain.

Q : kenapa tidak ditempuh hal lain?

A : mungkin hal lain lebih sulit dan membutuhkan banyak proses untuk dilakukan, sedangkan menaikkan suatu barang dasar untuk rakyat yang jelas2 dipakai setiap saat dan pasti memiliki tingkat kebutuhan yang sangat tinggi akan cepat menghasilkan uang lebih.

Q : wah, kalau begitu pemerintah tersebut mau yang mudah2 saja donk? kalo enggak mampu buat bantu rakyat dan rakyat ingin mencari pemerintah yang baru apakah itu boleh?

A : Perlu di ingat, pemerintah itu kan dari rakyat, tugasnya membantu rakyat, kebutuhanrakyat itulah yang dikerjakan oleh pemerintah, di pilih oleh rakyat, pemerintah digaji oleh rakyat, rakyat yang berterimakasih atas bantuan pemerintah memberikan imbalan berupa uang, rumah/tempat tinggal, kantor yang mewah untuk aparat pemerintah supaya meraka dapat mengerjakan tugasnya dengan lebih baik dan memberikan keuntungan yang semakin besar untuk rakyat itu sendiri.  jadi nggak ada alasan bagi pemerintah untuk bertahan kalau rakyatnya memutuskan untuk minta diganti karena rakyat merasa pemerintah yang mereka pilih tidak memiliki kemampuan untuk membantu rakyat tersebut. itulah inti dari DEMOKRASI.

Q : oke, kalau sekarang ada pemerintah yang ngotot melakukan ini itu padahal rakyatnya merasa enggak butuh dan masih bisa bertahan hidup tanpa hal2 yang diperbuat oleh pemerintah tersebut, bahkan malah memaksa rakyat untuk mengeluarkan biaya yang semakin besar dengan dalih itu untuk membantu rakyat padahal jelas2 rakyat bilang “KAMI ENGGAK BUTUH!!! bagaimana anda menanggapinya?

A : yah, itu bukan pemerintahan demokrasi, tapi lebih mirip Gangster yang bertugas menjadi centeng, Centeng : “Kami menjaga kedamaian usaha anda pak jadi bapak harus membayar kami” Pengusaha : “saya enggak usah dijaga udah aman kok” . Centeng : “kalau begitu kami yang akan membuat usaha anda tidak nyaman”.

Q : wah, menyedihkan sekali nasib negara dan rakyat tersebut ya? kira2 bagaimana solusi menurut anda jika hal seperti ini memang terjadi di dunia nyata?

A : selagi kita punya tuhan, berdoa saja. Perbuatan tidak baik ada ganjarannya, dan itu pasti keberadaanya.

Q : jadi harus pasrah? bagaimana kalau memberontak?

A : kalau kita terdzalimi, kita di sayangi oleh tuhan, tapi kalau kita malah membalas kezaliman tersebut, maka kita tidak ada bedanya dengan mereka yang mendzalimi kita dan menurut saya itu adalah salah. Berusahalah selagi mampu berusaha, soal hasil dan perubahan sebuah keadaan serahkan semuanya kepada tuhan yang maha esa.

Q : baiklah, seandainya perbincangan kita ini dapat didengar oleh negara sahabat saya yang sedang tidak kondusif, mungkin bisa memberi sedikit pencerahan bagi rakyat yang hatinya sedang galau , benar kan pak?

A : Ya. semoga saja, pencerahan bagi pemerintahan yang sudah dzalim, dan pencerahan bagi rakyat yang merasa terdzalimi…. amin.

Created by : betzaholic

, , , , , , , , ,

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: