Uang Baru Seratus Ribu NKRI

Sebelumnya beredar uang pecahan yang katanya adalah pecahan uang baru

Uang-NKRI-PALSU

Lantas apakah benar itu uang NKRI yang baru?. Bank Indonesia (BI), instansi yang bertugas mengeluarkan dan mengawasi peredaran uang di Indonesia ternyata membantahnya.

“Itu salah (bukan uang NKRI). Itu uang contoh waktu itu ada slide presentasi konsultasi publik tentang redenominasi,” jelas Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Pieter Yakobs saat berbincang dengan Liputan6.com, Rabu (13/8/2014).

Pemerintah akan mengeluarkan dan mengedarkan uang baru Rp100.000 di hari kemerdekaan. Namun, bagaimana perbedaan uang baru tersebut?

Specimen 100

Adapun perbedaan dengan uang Rp100.000 TE 2004 adalah perubahan lokasi tahun emisi dan tahun cetak dan penambahan blok warna. “Perubahan warna pada nomor seri dan perubahan ukuran huruf pada frasa Bank Indonesia,” kutip laman tersebut

Namun, perbedaan utama antara lain, pertama, frasa “Negara Kesatuan Republik Indonesia” pada bagian muka dan belakang uang. Kedua, penandatangan uang dari sebelumnya anggota dewan Gubernur Bank Indonesia menajdi Gubernur Bank Indonesia dan Menteri Keuangan.

Selain itu, perubahan desain see through register (rectoverso). Perubahan penulisan nama dan gelar pahlawan sesuai Keppres.

Sumber1
Sumber2

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: